Mengenal Simple Past Tense Dengan Cara Yang Sederhana Dan Mudah

Beberapa waktu lalu saya telah membahas tentang penggunaan Simple Present Tense di dalam kalimat bahasa Inggris, kali ini saya akan membahas tentang penggunaan dari Simple Past Tense  di dalam kalimat bahasa Inggris yang juga merupakan salah satu bentuk Tenses yang wajib kamu kuasai jika ingin bahasa Inggris kamu bagus dan baik.

Apa itu Simple Past Tense ? Sederhananya kita bisa pahami bentuk Simple  Past Tense adalah kalimat yang menjelaskan sesuatu secara sederhana di waktu kejadian lampau atau telah berlalu. 


Kata kerja yang digunakan pada bentuk tense ini adalah kata kerja Verbal ( kata kerja yang berkaitan dengan perbuatan atau tindakan ) yaitu kata kerja Past ( V2 ) dari Irregular Verbs maupun Regular Verbs  Sebagaimana Simple Present Tense, bentuk Simple Past Tense juga aturan tata bahasa di bahasa Inggris paling dasar yang harus dikuasai karena akan berhubungan dengan bentuk tenses lainnya. 


Sebagaimana yang pernah dijelaskan sebelumnya di simple present tense, pada kalimat jenis tense ini juga dapat digunakan pada kedua jenis kalimat, yaitu Verbal dan Non Verbal.


Beberapa aturan penggunaan dari Simple Present Tense adalah sebagai berikut :

1. Pada kalimat Verbal, penggunaan Simple Past Tense dapat dilakukan dengan cara berikut ini :

a. Kalimat Positif ( + ) atau kalimat Pernyataan yaitu kalimat yang tidak menyatakan ' bukan atau tidak ' yaitu menggunakan kata Not pada kalimatnya, serta kalimat yang tidak berbentuk kalimat bertanya.

Contoh :
They went with us                        Mereka pergi dengan kita
She was here with me                  Dia disini bersama saya
This food was tasty                      Makanan ini enak


b. Kalimat Negatif ( - ) atau kalimat yang menyatakan 'tidak' di kalimatnya. Pada bentuk kalimat ini diperlukan kata kerja bantu ' did ' + not untuk menyatakan arti 'Tidak' dikalimatnya. Penggunaan 'did' disesuaikan dengan semua subjek yang digunakan. Baca Apa Yang Di Maksud Dengan Auxilliary Verb Dalam Bahasa Inggris 
.
Perhatikan pada contoh :

I did not ( didn't ) go with you.
You did not ( didn't ) go with me.
They did not ( didn't ) go with you.
We did not ( don't ) go with you.
Mr. Alif and I did not go there.
He did not ( didn't ) go with you.
She did not ( didn't ) go with me.
It did not ( didn't ) go with you.
Mr. Alif did not ( didn't ) go there.

C. Kalimat Pertanyaan ( Question ). Pada kalimat bentuk Verbal, penggunaan kata kerja bantu ' did ' tidak lagi menggunakan kata 'not'. Namun penggunaan dari 'did' tersebut di sebutkan atau dipakai sebelum Subjeknya lalu di ikuti objek atau keterangan. Begitu pula dengan bentuk To be  nya, kata-kata kerja bantu seperti was dan were ditempatkan sebelum Subjek nya.

Contoh :

Did I go with you ?.
Did you go with me ?.
Did they go with you ?.
Did we go with you?.


Did Mr. Alif and I   go there ?.

Did he  go with you ?.
Does she go with me ?.
Does it go with you ?.
Does Mr. Alif go there ?.


Was he a pilot last year ?
Were they with us last night ?



Catatan : 
Untuk kalimat Verbal pada Simple Past Tense, selalu memakai kata kerja dari jenis
 Irregular Verbs maupun Regular Verbs. Kata kerja yang digunakan adalah kata kerja jenis Past (V2), kata-kata kerja jenis ini bisa anda lihat di kamus-kamus bahasa Inggris cetak yang umum melampirkan daftar dari jenis kedua kata kerja ini.



Demikian pembahasan tentang bentuk Tense dari Simple Past Tense, jika ada pertanyaan ataupun komentar, boleh bertanya di kolom komentar. 

Tentang Penulis.Seorang Blogger yang menyempatkan waktu untuk menulis di blog pribadi nya. Dua blog utama nya antara lain www.inggrisenglish.com dan www.fauzulfaura.my.id dan Untuk lebih mengenal nya, anda dapat mengunjungi blognya di Fauzul Faura.My.ID dan Untuk lebih mengenal nya, anda dapat mengunjungi blognya di Fauzul Faura.My.ID

0 komentar:

herbalife'
Bingung ingin mencari guru les yang bagus ?
Ngga usah bingung, coba cari aja di Preply

Atau jika ingin Nilai UN kamu bagus, silakan bergabung di sini