Haruskah Saya Belajar Grammar ?

 Haruskah Saya Belajar Grammar ?

Haruskah Saya Belajar Grammar ?



Fungsi Grammar atau tata bahasa adalah sebuah teori kebahasaan yang menyatakan segala unsur pokok dari bahasa baik imbuhan, kata, frasa, maupun kalimat yang memiliki fungsi semantik, syntatik, dan pragmatik.

Teori ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli bahasa dari Belanda di tahun 1970 bernama Simon Dik. Tujuan dari mengenal atau mempelajari suatu tata bahasa ( grammar) adalah bertujuan agar bahasa yang kita gunakan didalam komunikasi memenuhi standart yang ada layaknya seorang Native speaker ( Penutur asli). Khususnya bagi pengguna bahasa Inggris yang mempelajarinya sebagai bahasa asing yaitu bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi ketika bertemu seorang native.

Jika anda beranggapan bahwa bahasa Inggris adalah sebagai alat komunikasi bagi anda untuk berkomunikasi dengan orang native, maka mempelajari tata bahasa bukanlah suatu hal yang menjadi prioritas.

Namun hal ini bergantung kepada prioritas anda dalam mempelajari bahasa Inggris. Inti dari komunikasi adalah terjalinnya komunikasi antara komunikator dan komunikan ( penerima pesan) atas pesan yang disampaikan. Jika anda beranggapan bahwa bahasa Inggris adalah sebagai alat komunikasi bagi anda untuk berkomunikasi dengan orang native, maka mempelajari tata bahasa bukanlah suatu hal yang menjadi prioritas. Anda bisa mempelajarinya kemudian setelah anda mampu berkomunikasi dengan baik dalam arti Native atau orang yang menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi dengan anda dapat mengerti dengan apa yang anda sampaikan. 

Pada prinsipnya, jika seseorang dapat memahami apa yang anda sampaikan maka sudah terjalin suatu komunikasi yang baik. Sederhananya, anda harus mengetahui banyak perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris sehingga anda dapat menyusunnya menjadi suatu kalimat yang ingin anda sampaikan. Namun secara prinsip anda harus menguasai aturan dasar tata bahasa yang berkaitan dengan membuat kalimat seperti pemahaman kata kerja dan tenses agar bahasa Inggris anda tidak terlalu jelek.

Grammar itu perlu tapi bukan prioritas. Hal pertama yang anda harus kuasai adalah mengenal kosa kata dari kata kerja dan memahami penggunaan tenses dalam kalimat.
Memahami penggunaan tenses ( bentuk waktu ) tidak harus langsung mempelajari teorinya. Tahu dan memahami teorinya adalah bagus tapi bukan utama. Anda bisa mempelajarinya dengan bentuk praktek dalam penggunaan kalimat. Belajar lah dari orang yang yang bisa menjelaskan pada anda bagaimana tenses itu dipakai dalam kalimat.

Untuk memahami tenses, anda bisa membaca nya di Apa Yang Dimaksud Dengan Tenses Dan Fungsinya Dalam Membuat Kalimat.

Kembali ke pertanyaan di awal, 'Haruskah Saya Belajar Grammar ?'

Jawaban nya kembali kepada kondisi kemampuan anda, jika anda lebih mementingkan tujuan komunikasi tercapai, anda bisa mengikuti saran diatas dan menganggap grammar atau tata bahasa bukanlah prioritas utama dalam komunikasi bahasa Inggris. Namun agar bahasa Inggris anda bagus, menguasai aturan tenses itu diperlukan atau bisa dikatakan 'HARUS', karena tata bahasa Inggris itu sangat banyak, dan tenses adalah salah satunya. Tenses adalah aturan dasar dalam membuat kalimat di dalam bahasa Inggris.




0 komentar:

herbalife'
Bingung ingin mencari guru les yang bagus ?
Ngga usah bingung, coba cari aja di Preply

Atau jika ingin Nilai UN kamu bagus, silakan bergabung di sini