Langkah Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris


Langkah Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
foto : play.google
Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang banyak digunakan hampir di seluruh bangsa di dunia. Dengan menggunakan bahasa Inggris, setiap bangsa dapat saling berkomunikasi dengan bangsa lain selain bahasa ibu ( mother tongue ) yang mereka miliki. Sebagai bahasa asing yang pertama dan utama untuk dipelajari, bahasa Inggris bukan lagi bahasa yang  ‘istimewa’ bagi masyarakat di Indonesia. Bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan bagi setiap masyarakat di Indonesia dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa meskipun penggunaan bahasa Inggris tersebut masih sebagai bahasa asing belum menjadi bahasa kedua selain bahasa Indonesia yang merupakan bahasa utama rakyat Indonesia, selain itu masih banyak nya penggunaan bahasa daerah yang digunakan bagi masing-masing daerah karena bangsa Indonesia merupakan bangsa yang multi kultural dan multi etnis.   

Pada kenyataan nya, proses belajar bahasa Inggris tersebut tidak semudah dalam pelaksanaan dan penerapannya, masih banyak orang yang mengaggap belajar bahasa Inggris tersebut sulit dan tidak mudah dipahami, dan sebagian lain beranggapan belajar bahasa Inggris itu mudah dan menyenangkan. Hal ini bisa di maklumi karena berbagai faktor yang menyebabkan bahasa Inggris itu sulit di pelajari atau sebaliknya, salah satu nya adalah cara atau metode yang di gunakan dalam mempelajarinya kurang tepat atau kurang seimbangnya antara teori dan prakteknya sehingga membuat hasil dalam belajar bahasa Inggris tersebut tidak maksimal.

Komponen belajar bahasa Inggris

Ada 4 ( Empat ) komponen yang sering digunakan  dalam belajar bahasa Inggris yaitu Listening ( Pendengaran ), Speaking ( Bicara ), Reading ( Membaca ), dan Writting ( Menulis ). Keempat komponen ini saling berhubungan pelaksanaan nya dalam praktek belajar. Listening adalah proses belajar untuk ‘ menangkap’ dan memahami kata-kata bahasa Inggris baik secara bentuk bunyi kata maupun makna kata saat mendengarkan kata tersebut. Speaking merupakan tahapan selanjutnya dari proses Listening tadi, yaitu bagaimana kita terbiasa menggunakan kata-kata tersebut dalam kalimat lisan saat digunakan secara benar dan tepat pengucapannya. Proses selanjutnya adalah Reading yaitu proses menggali pengetahuan perbendaharaan kosa kata ( vocabulary ) dengan cara membaca dalam teks berbahasa Inggris, sehingga selain pengetahuan akan kosa kata tersebut tidak hanya diketahui dari proses Listening nya saja namun juga bisa dilakukan melalui kegiatan membaca khususnya dengan menggunakan teks berbahasa Inggris. Langkah terakhir dari komponen yang sering digunakan dalam belajar bahasa Inggris adalah Writting yaitu kegiatan menulis dengan menggunakan kata-kata bahasa Inggris, selain itu juga memperhatikan kaidah atau aturan tata bahasa ( grammatical ) nya yang juga dipakai dalam kegiatan Listening, Speaking, dan Reading.

Kesimpulan

Dari keempat komponen dalam belajar bahasa Inggris tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa untuk mempelajari bahasa Inggris selain melalui keempat proses tersebut, pengetahuan kosa kata ( vocabulary ) sangat penting karena dengan rangkaian kata tersebut akan membentuk kalimat yang digunakan dalam Listening, Speaking, Reading, dan Writting.

Pengetahuan dan penguasaan akan kosa kata sangat diperlukan dalam belajar bahasa Inggris karena sebagai modal dasar dalam belajar membentuk kalimat bahasa Inggris baik dalam penggunaan di dalam tulisan maupun lisan. Dalam mempelajari kosa kata bahasa Inggris sebaiknya di lakukan melalui proses keempat komponen yang penulis sampaikan diatas sehingga akan tercapai tujuan dari belajar bahasa Inggris secara maksimal dan dapat di praktekan secara baik dalam kehidupan sehari-hari.

0 komentar:

herbalife'
Bingung ingin mencari guru les yang bagus ?
Ngga usah bingung, coba cari aja di Preply

Atau jika ingin Nilai UN kamu bagus, silakan bergabung di sini