Jenis – Jenis Kata Dalam Bahasa Inggris (Parts of Speech)



Jenis – Jenis Kata Dalam Bahasa Inggris ( Parts of Speech )
foto : youtube-trends.blogspot.com

Kata ( word ) adalah bagian dasar dari bahasa Inggris yang terlebih dahulu harus dikuasai. bukan hanya di bahasa Inggris, menurut penulis jika kita ingin mempelajari suatu bahasa asing apapun, hal yang utama dikuasai adalah kosa katanya meskipun ada beberapa bahasa asing yang tidak hanya mempelajari kata-kata nya secara bentuk bunyi dan makna kata tetapi juga harus menguasai bentuk huruf atau penulisan hurufnya seperti bahasa Jepang, bahasa Mandarin, bahasa Arab, dan bahasa lainnya  yang tidak menggunakan huruf latin sebagai penulisan kata nya.
Untuk bisa berbahasa Inggris diperlukan pengetahuan kosa kata yang memadai minimal 2500 kata yang harus bisa dikuasai bagi tingkat pemula. Hal ini perlu kita pelajari dan pahami agar tidak mengalami kesulitan dalam penggunaannya didalam kalimat maupun Tenses yang digunakan. Mengenal jenis-jenis kata di dalam bahasa Inggris sangat diperlukan dengan tujuan untuk membangun struktur kalimat yang baik dengan kosa kata yang tepat. Di dalam bahasa Inggris pengenalan jenis-jenis kata ini disebut dengan Parts of Speech.
Jenis pembagian kata tersebut antara lain : 

  1. Noun ( Kata Benda ). Kata benda didalam bahasa Inggris di bagi menjadi 2 kategori besar yaitu : 

  • Countable Noun : Jenis kata benda yang bisa dihitung langsung jumlah bendanya. Contoh : Chair, Table, Books, coin, man, dollar, dog dan sebagainya. Contoh didalam kalimat seperti :
            My dog is playing  ( singular form ) - bentuk Tunggal
            My dogs are hungry ( Plural form ) - bentuk Jamak
  • Uncountable Noun : Jenis kata benda yang tidak dapat dihitung langsung secara fisik, namun harus dihitung dengan  alat ukur tertentu. Uncountable noun juga bisa bermakna menunjukan sebuah senyawa atau elemen yang tidak bisa kita bagi menjadi beberapa elemen lainnya. Contoh dari jenis kata ini yaitu : music, art, love, happiness, advice, information, news, furniture, luggage, milk, sugar dan sebagainya.     
   2. Pronoun ( Kata Ganti ) adalah kata yang digunakan sebagai kata ganti dari nama orang, nama jalan, jenis benda atau hewan. Penggunaan kata ganti ini bertujuan untuk menghindari pengulangan nama yang sama secara berulang-ulang didalam kalimat. 



Contoh dari Pronoun didalam kalimat :

There is a new student. The student's name is Andi. Andi is a diligent student and smart. Andi always come on punctually. Andi always do Andy home work.


Di dalam kalimat tersebut terdapat banyak kata Andi yang disebutkan di dalam kalimat, karena andi menjadi subjek yang di bicarakan dalam kalimat tersebut. Di dalam bahasa Inggris hal ini tidak di benarkan, oleh sebab itu kita mengganti kata Andi dengan sebuah kata ganti He pada kalimat dari bentuk orang ketiga tunggal laki-laki. Maka kalimatnya menjadi :

There is a new student. The student's name is AndiHe is a diligent student and smart. He always come on punctually. He always do his home work.

3. Verb ( Kata Kerja )
    Kata kerja ( verb ) di dalam kalimat berfungsi sebagai bentuk Predikat di dalam sebuah kalimat. Kata kerja ini terbagi kepada dua jenis :



  • Main Verb adalah kata kerja utama yang terdiri dari kata kerja berbentuk Irregular verbs dan Regular verbs.
  • Auxilliary Verb adalah kata kerja bantu yang berfungsi sebagai kata kerja bantu untuk kalimat dalam bentuk Nominal sentence, selain itu kata kerja jenis ini berfungsi sebagai kata kerja bantu selain kata kerja utama dalam bentuk dengan tenses tertentu. Jenis dari kata Auxilliary verb ini yaitu : do, does, did, is, am, are, be, been, have, has, had, dan bentuk modals yaitu can, will, may, shall, need, dan must. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai kata kerja ini akan saya buat tulisan khusus mengenai bentuk  Verbs ini.  

4. Adverb ( Kata Keterangan ) adalah kata yang digunakan sebagai kata keterangan dari suatu kalimat. Adverbs terbentuk dari kata-kata jenis verb, adjective, dan jenis kata adverb lainnya. Jenis kata  Adverb ini terbagi kepada :



  • Adverbs of time :  kata keterangan di dalam kalimat yang digunakan untuk menunjukan waktu suatu peristiwa terjadi di dalam kalimat. Contoh : She has lived on the island all her life.  She still lives there now.
  • Adverbs of manner : kata keterangan didalam kalimat yang menunjukan cara atau bagaimana sesuatu itu sedang dilakukan. Contoh : She moved slowly and spoke quietly.
  • Adverbs of frequency : kata keterangan di dalam kalimat yang menginformasikan seberapa sering suatu kegiatan itu terjadi. Contoh : She takes the boat to the mainland every dayShe often goes by herself.
  • Adverbs of place : kata keterangan di dalam kalimat yang memberitahukan mengenail tempat atau lokasi dari suatu kegiatan. Contoh : She has lived on the island all her life, She still lives there now.
  • Adverbs of Purpose : kata keterangan di dalam kalimat yang menjelaskan tujuan dari suatu tindakan. Contoh : She drives her boat slowly to avoid hitting the rocks, She shops in several stores to get the best buys.

5. Adjective ( Kata Sifat ) adalah jenis kata yang menunjukan sifat dari sesuatu benda atau orang, yang bisa berhubungan dengan nama benda, tempat atau binatang. Contoh dari kata jenis ini yaitu : Very dark chocolate, many young married couple.



6. Preposition ( Kata Depan ) yaitu bentukan kata dari Noun dan Pronoun yang membentuk Phrase ( frasa ) yang menerangkan Verb, Noun, dan Adjective. Contoh : Under the bridge, Because of you, Near the window.



7, Conjunction ( Kata Sambung ) adalah  jenis kata yang menghubungkan kata, frasa, klausa maupun kalimat. Beberapa contoh kata dari jenis kata ini yaitu : and, but,because , so, yet,nor, for dan lainnya.



8. Interjection ( Kata seru ) yaitu kata yang digunakan untuk mengekspresikan emosional atau sentimen dari pembicaranya. Contoh : Ouch ! It's hurt, Wow ! It's amazing, Umm ! I don't agree with that. Bentuk kata interjection  biasanya diletakan di awal kalimat.



KESIMPULAN



Di dalam bahasa Inggris kita tidak terlepas dari ke delapan jenis-jenis kata ini yang disebut dengan Parts of speech di dalam bahasa Inggris. Tujuan dari mengenal jenis-jenis kata di dalam bahasa Inggris ini adalah untuk dapat membedakan makna atau arti di dalam kalimat sesuai dengan kata yang digunakan. Untuk kesempatan lain saya akan menjelaskan bagaimana kata-kata dari parts of speech  ini di gunakan di dalam kalimat.





Semoga bermanfaat. 




0 komentar:

herbalife'
Bingung ingin mencari guru les yang bagus ?
Ngga usah bingung, coba cari aja di Preply

Atau jika ingin Nilai UN kamu bagus, silakan bergabung di sini